Superhero.Web.ID - Nintendo, nama besar ini sudah pasti menjadi sejarah dalam perkembangan video game dari masa kemasa, dengan berbagai gamenya yang bisa terbilang berlimpah dan ekslusif. Apalagi dengan dukungan developer game dan gameplay yang terbilang unik dan menarik. Nintendo seakan menjadi salah satu perusahaan yang menorehkan sejarah dalam dunia game.
Nintendo
Nama-nama game populer seperti Mario Bros, The Legend Of Zelda, serta Pokemon The Series. Seakan menjadi pengantar kesuksesan perusahaan game ternama tersebut.

Tapi siapa sangka ternyata dibalik kesuksesan Nintendo dalam perkembangan dunia game, nintendo ternyata awalnya sebuah perusahaan kartu permainan. Dimana pada 1889 Fusajiro Yamauchi memulai bisnis kecil-kecilan dengan memproduksi mainan kartu homemade yang disebut Hanafuda.

Permainan ini lalu menjadi populer di salah satu kota di Jepang yaitu Kyoto, dan lama-lama hingga keseluruh negeri Jepang, hingga akhirnya diekspor keluar negeri pada awal abad ke-20. Dengan kesuksesan tersebut dalam produksi kartu permainan plastik, pada 1953 Nintendo menjadi pelopor kartu permainan dari plastik pertama yang sukses di jepang.

Hanafuda Cards (https://howtonotsuckatgamedesign.com )
Nintendo tentu menjadi pelopor dari populernya kartu permainan plastik, yang bisa dimainkan 2-6 orang di Jepang, ternyata dengan kesuksesan Nintendo dalam memelopori kartu permainan plastik di Jepang. Pada 1970. Presiden Nintendo dikala itu Hiroshi Yamauchi meminta Gunpei Yokoi yang merupakan seorang teknisi yang tentu sangat berjasa bagi Nintendo dalam pengembangan produk, meminta Yokoi memproduksi mainan baru untuk natal dengan nama The Ultra Hand. Sebuah mainan Nintendo pertama yang sangat laku keras.

Pada 1977 adalah tahun dimana Nintendo mulai melahirkan produk game console elektronik. Mitsubishi adalah perusahaan kerja sama Nintendo untuk mengembangkan video game yang dapat dimainkan dirumah, yaitu color TV Game Machine.

color TV Game Machine.
Color TV Game Machine. (https://blog.beforemario.com )
Color TV Game Machine, bisa dibilang adalah tahap awal Nintendo memproduksi perangkat konsol elektronik rumahan. Angka 6 dan angka 15 diatas adalah petunjuk jumlah game dalam masing-masing perangkat konsol karya Nintendo tersebut.

Kesuksesan Color TV Game Machine ternyata membuat nama Nintendo berkibar dalam dunia game elektronik. Pada 1979 Nintendo memproduksi game arcade pertama yaitu Computer Othello. Beberapa tahun kemudian dari adanya game arcade pertama dari Nintendotersebut, game Donkey Kong dan Mario Bros lahir dan menggebrak dunia game.

Pada tahun 1980, dengan kesuksesan Nintendo dalam perangkat game console, maka Nintendo pun berekspansi ke Amerika Serikat. Dengan ekspansi dagang tersebut lahirlah Nintendo Of America Inc, di New York, Amerika Serikat. Ditahun ini juga Nintendo mulai memproduksi Game And Watch.
Nintendo Game And Watch (https://webshop.cashconverters.com.au )
Nintendo Game And Watch (https://webshop.cashconverters.com.au )
Game and watch bisa dibilang merupakan konsol handheld pertama dari Nintendo, bisa dikatakan game and watch adalah nenek moyangnya game boy, game and watch bagaikan tahap awal Nintendo dalam mengembangkan konsol handheld.

Meskipun sederhana, ternyata game and watch sukses dimasa 80-an, meskipun saya tidak lahir dan besar pada tahun 80-an. Nama game and watch sering dipelesetkan dengan nama gimbot dikala itu.

Hal itu terbukti ketika saya membeli perangkat Game Boy Advanced, orang tua saya sering menyebut perangkat yang pernah saya punyai pada tahun 2003 silam tersebut dengan sebutan gimbot. Padahal game boy advanced dengan gimbot berbeda jauh.

Nah, istilah gimbot pun banyak yang meyakini populer dimasa 80-an dimana masa era game and watch ini lahir. Dan asal muasal kata-kata gimbot berawal dari konsol handheld legendaris dimasa 80-an ini.

Tak berhenti disitu, setelah sang gimbot alias game and watch mendapatkan perhatian publik yang cukup luas. Apalagi nintendosudah memiliki kantor perwakilannya di Amerika Utara semenjak kelahiran game and watch tersebut. Masa-masa keemasan alias saya bisa bilang puncak keemasan nintendosepanjang masa pun dimulai.

Pada tahun 1983 setelah melakukan ekspansi di Amerika Serikat, nintendo pun melebarkan ekspansinya ke negara tetangga Amerika, yaitu Kanada. Dengan nama Nintendo Entertainment Centres Ltd. Di Vancouver Kanada.

Dan pada juli 1983 pun nintendo merilis home video game console famicon (Family computer) di Jepang. Yang dalam dua bulan pertama peluncurannya laku hingga 500 ribu unit.

Nintendo Entertainment sistem NES (https://www.theoldcomputer.com )
Nintendo Entertainment sistem NES (https://www.theoldcomputer.com )
Para pembaca bisa menebak siapa famicomini? Famicom adalah merek dagang Nintendo Entertainment Sistem (NES) di Jepang. Famicom ini adalah NES yang tentu saja menjadi salah satu konsol terlaris nintendo.

Pada tahun 1985 Famicom yang secara resmi berganti nama menjadi NES didistribusikan di Amerika Serikat. Untuk pertama kalinya NES diperkenalkan pada tahun ini dan tentu saja NES adalah merek dagang produk nintendo legendaris tersebut di Amerika Serikat.

Disinilah mulai populernya nama nintendo NES, NES adalah merek dagang produk yang dahulu bernama famicom, yang hingga kini NES adalah nama yang lebih dikenang dari produk yang diluncurkan oleh nintendo pada 1983 silam tersebut. Hingga kini gamers populer dengan istilah NES dibandingkan famicom.

Di era NES inilah game-game terbaik Nintendo dan paling legendaris sepanjang masa lahir, nama-nama game terpopuler seperti super mario, dan the legend of zelda. Populer dimasa ini, bahkan sangkin populernya NES di Amerika Utara dan Jepang. Konsol ini menjadi mainan paling TOP yang terjual di Amerika. Serta The legend Of zelda menjadi game terlaris di Amerika.

Keberhasilan NES pada 1983-1985 yang sekaligus melahirkan game paling legendaris sepanjang masa yaitu Super Mario dan the legend of zelda, yang hingga kini menjadi maskot dari nintendo.

Pada 1989 Nintendo kembali melahirkan konsol handheld, yaitu game boy orginal. Kelahiran game boy, tentu merupakan sebuah sejarah dalam perkembangan dalam dunia konsol genggam.

Setelah sukses dengan konsol game and watch pada 1980 lalu, ternyata nintendo ingin mengulang kesuksesan tersebut. Kelahiran game boy original tentu menandakan era game boy series.

Kelahiran game boy pada 1989, ternyata diikuti dengan kemunculan game boy colour pada 1998 yang mana game boy colour adalah proses penyempurnaan dari game boy original. Dimana game boy colur adalah pembaharuan dari versi game boy original yang mana game boy colour hadir dengan LCD berlayar warna.

Kesuksesan game boy colour ternyata berlanjut dengan lahirnya game boy advanced yang mana game boy advanced adalah konsol handheld penyempurnaan dari game boy colour, yang mana dengan grafis 32-bit yang tentu lebih baik dari game boy colour. Jika dibandingkan, grafis game boy advanced hampir setara dengan PS1.

Game Boy Family (https://www.youtube.com/watch?v=w5MO6KHw2Ro )
Game Boy Family (https://www.youtube.com/watch?v=w5MO6KHw2Ro )
Generasi game boy bisa dibilang adalah gebrakan atau fondasi awal dari populernya konsol genggam. Dimana semenjak era kemunculan game boy, konsol genggam karya nintendo ini seakan menjadi konsol portable yang grafisnya hampir atau bahkan sama dengan konsol rumahan.

Pada 1991 Nintendo kembali meluncurkan home console penerus dari NES, yaitu Super Nintendo. Kemunculan konsol ini adalah perbaikan grafis dari konsol Famicom (Nes) yang telah hadir sebelumnya pada 1983 silam.

Super Nintendo hadir dengan grafis 16 bit. Dimana Dua kali lipat lebih baik dari NES yang hanya memiliki grafis 8 bit. Kemunculan super nintendo, sekaligus melahirkan game-game populer seperti Super Mario Kart, Star Fox, Pilot Wings.
Super nintendo
Super nintendo (https://steemit.com )

Kemunculan super nintendo yang sukses dan ternyata berhasil mengalahkan sega mega driveyang telah lebih dulu muncul pada 1989, yang juga mengusung grafis 16 bit seperti super nintendo. Super nintendo berhasil terjual 49 juta unit. Yang secara langsung menjadi konsol 16 bit terlaris mengalahkan rivalnya sega mega drive.

Nintendo dan era Next Generation Console

Playstation 1 dan Nintendo 64
Playstation 1 dan Nintendo 64

Era konsol generasi ke-5 diawali dengan kemunculan Playstation 1, atau biasa disebut PSX pada tahun 1994. Dimana pada era konsol 32 bit yang diawali dengan kemunculan PS1 tersebut seakan menandakan lahirnya era konsol dengan grafis full 3D.

Seakan tak mau kalah dengan Playstation yang sukses dengan konsol PS1 yang menggebrak dunia game dengan lompatan grafis 3D-nya. Yang jauh mengalahkan konsol 16 bit era sebelumnya, yaitu super nintendo dan sega mega drive.

Saya menyebut era ini adalah era next generation console, karena di era ini konsol game mulai mengusung grafis real 3D dan game-game yang jauh lebih serius dari generasi sebelumnya. Era ini adalah era konsol generasi ke-5 yang menjadi titik awal isitilah gamer lahir, karena game-game yang lebih serius perlahan bermunculan pada era ini.

Seakan tak mau kalah dengan sony dengan PS1-nya. Nintendo melahirkan konsol next gennya dengan nama Nintendo 64. Meskipn tidak seperti pesaingnya PS1 yang menggunakan media C dalam pemutar gamenya. Nintendo 64 masih setia menggunakan cartidge dalam media pemutar gamenya.

Akan tetapi nintendo boleh berbangga sedikit, karena dengan nama produk nintendo 64, itu berarti nintendo kali ini mengusung konsol dengan grafis 64 bit. Nintendo 64 tentu menjadi konsol dengan grafis 64 bit pertama di dunia.

Meskipun memiliki grafis yang jauh lebih baik dari pesaingnya PS1, tetapi nintendo 64 harus bertekuk lutut dengan PS1. Secara penjualan konsol nintendo 64 kalah jauh dengan PS1. Dimana PS1 laku terjual 102 juta unit. Sedangkan nintendo 64 hanya laku terjual 32 juta unit. Hampir mirip dengan kegagalan sega dengan dreamcast-nya.

Nintendo dan era Konsol generasi ke-6

Era Konsol generasi ke-6 adalah era dimana persaingan cukup sengit, apalagi selain ada Playstation dengan sekuelnya yaitu PS2. Ternyata ada pemain baru yaitu Microsoftdengan Xbox-nya.

Pada 2001, berbarengan dengan super mario dan donkey kong merayakan ultah ke-20, nintendomeluncurkan nintendo gamecube. Selain gamecube, Nintendo juga melahirkan konsol genggam game boy advanceddi era ini.

Meskipun pada akhirnya kalah dengan PS2 dari sony dan Xbox dari microsoft, nintendo gamecube tetap menorehkan sejarah dalam perusahaannya. Karena perangkat gamecube adalah perangkat nintendo pertama dengan media pemutar game compact disc (CD).

Nintendotampaknya gagal dengan gamecube yang hanya terjual 21, juta unit. Yang jauh kalah dengan penjualan PS2 dan Xbox. Meskipun gagal dalam persaingan perangkat konsol generasi ke-6.

Gamecube tetap meninggalkan jejak game-game terbaik. Seperti super smash bros, melle, animal crossing, pikmin, star fox, dan tak ketinggalan sang legenda "The Legend Of zelda".

Nintendo dan era konsol generasi ke-7 dan 8


Jika pada saat meluncurkan nintendo 64 dan gamecube, nintendo berpatokan pada kemampuan grafis yang setara atau bahkan mengungguli salah satu rivalnya. Kali ini nintendo menggunakan pendekatan yang berbeda.

Pada tahun 2006, nintendo memperkenalkan Nintendo wii, ditengah ketatnya persaingan antara sony dengan PS3 dan Microsoft dengan Xbox 360. Apa pendekatan berbeda nintendo dalam peluncuran wii ini?

Pendekatannya adalah, nintendo kali ini melahirkan konsol game generasi ke-7 yang jauh dibawah secara grafisnya dibandingkan dengan PS3 dan Xbox 360. Meskipun kalah jauh secara grafis dengan PS3 dan Xbox 360. Tetapi nintendo menggunakan pendekatan gameplay yang lebih menarik dibandingkan pesaingnya.

Perlu diketahui, nintendo wii adalah konsol pertama yang menggunakan sistem kendali sensor gerak sebagai kendali utama. Yaitu dengan menggunakan wii remote pemain dapat merasakan pengalaman baru bermain game dengan menggerakkan tubuh.

Nintendo Wii memiliki kekuatan kuat untuk dengan mudah mengalahkan rivalnya yang berbasis kekuatan grafis. Kekuatan itu adalah Nintendo wii mengedepankan interaksi antara pemain alias gamer dengan game yang dimainkannya.

Dan tentu saja Nintendo Wii memiliki kekuatan gameplay yang jauh unggul dibandingkan dengan xbox 360 dan PS3 yang jauh lebih unggul secara grafis. Secara grafis memang PS3 dan Xbox 360 rajanya, tetapi secara game play Nintendo Wii adalah juaranya.

Dengan kekuatan melawan arus yang dilakukan nintendo dengan Wii, yang mana grafisnya jauh lebih buruk dibandingkan pesaingnya PS3 dan Xbox 360. Dengan kekuatan gameplay sensor gerak tubuh yang diperloposi oleh Wii tersebut, maka Wii berhasil mengalahkan PS3 dan Xbox 360 dari sisi penjualan konsol.
Nintendo WII
Nintendo WII (https://www.toptenreviews.com )
Dalam konsol generasi ke-7, Wii berhasil membukukan penjualan 101 juta unit konsol, jauh mengungguli PS3 dan Xbox 360. Sehingga dapat dikatakan Wii adalah konsol generasi ke-7 terlaris. Sekaligus pembuktian, bahwa tak selamanya kemampuan grafis dan visual menjadi tolak ukur kesuksesan suatu konsol game.

Menurut saya, Kepopuleran Wiiini mirip dengan kesuksesan konsol handheld Nintendo DS, yang mana meskipun secara grafis kalah jauh oleh Playstation Portable (PSP). Tetapi secara gameplay nintendo DS jauh lebih menarik dibandingkan PSP. Sehingga NDS secara penjualan mengalahkan PSP.

Dari kemunculan Wii tersebut menandakan, bahwa cantik itu bukan dari penampilan fisik, akan tetapi dari kualitas permainan dan interaksi antara pemain dan game yang dimainkan.

Nintendo Wii ternyata memiliki sekuel seakan mencuri start dalam peluncuran konsol generasi ke-8 dibandingkan sony dan microsoft. Nintendo meluncurkan Wii U yang merupakan pelanjut dari sang kakak yaitu nintendo Wii.

Meskipun menjadi konsol generasi ke-8 pertama yang diluncurkan, yaitu Wii U dilepas pada 2012. Dimana PS4 dan Xbox One, muncul satu tahun setelah kemunculan Wii U yaitu akhir 2013. Tetapi Wii U secara penjualan tidak sesukses pendahulunya nintendo Wii.

Secara penjualan Nintendo Wii U kalah dibandingkan Xbox One dan PS4. Akan tetapi, meskipun tidak sukses seperti kakaknya nintendo Wii. Nintendo Wii U memiliki banyak sekali game-game ekslusif khas nintendo seperti super smash bros, mario kart, pigmin 3, super mario 3d world, bayonnetta 2, splatoon dan super mario maker.Nintendo Wii U terkenal dengan game-gamenya yang interaktif seperti pendahulunya Nintendo Wii.

Meskipun nintendo kalah dengan PS4 dan Xbox One dalam konsol rumahannya, yaitu Nintendo Wii U.Akan tetapi dalam dunia konsol genggan hingga kini nintendomasih mendominasi. Dimana nintendo switch dan 3DS berhasil merajai konsol genggam hingga saat artikel ini ditulis.

Playstation Vita, konsol handheld andalan sony paling mutakhir seakan harus bertekuk lutut dengan keberadaan 3DS dan nintendo switch. Bahkan switch dalam segi penjualan berhasil mengalahkan PS4.

Nintendo, sebuah perusahaan pembuat konsol yang terkenal akan game-game ekslusifnya dengan gameplay yang penuh warna dan ceria. Seakan menorehkan sejarah panjang dalam dunia gamenya.

Sebagai perusahaan konsol game yang mengawali karies dalam kartu permainan plastik, nintendo seakan terus menjadi pelopor konsol yang anti mainstream. Dimana bagi nintendo kemampuan grafis adalah hal kedua. Sehingga bagi nintendo game-game ekslusif dan gameplay terbaik adalah hal yang menjadi senjata pamungkas bagi nintendo untuk mengalahkan rival abadinya yaitu sony dan microsoft.

Secara asam garam kehidupan dalam dunia permainan, nintendo memang jauh lebih matang dibandingkan sony dan microsoft. Jika para pembaca lahir dan besar pada era 80-an dan 90-an pasti mengetahui bagaimana para penyewa gimbot (sebutan untuk nintendo game and watch) dan para penyewa game boy, bertebaran didepan sekolah.

Serta bagaimana uniknya game-game Nintendo Entertainment Sistem (NES) dan super nintendodengan kehadiran donkey kong, mario bros, dan the legend of zelda. Bagi generasi yang menikmati masa kecil era 80-an dan 90-an, bahkan era 70-an nama nintendo sudah pasti membekas dihati.

Nintendo perusahaan permainan anak-anak yang mengawali karier sebagai penjual kartu permainan yang kini menjadi raksasa game konsol dunia.


Nintendo, Perusahaan Kartu Permainan yang Menjadi Raksasa Mainan Dunia

Superhero.Web.ID - Nintendo, nama besar ini sudah pasti menjadi sejarah dalam perkembangan video game dari masa kemasa, dengan berbagai gamenya yang bisa terbilang berlimpah dan ekslusif. Apalagi dengan dukungan developer game dan gameplay yang terbilang unik dan menarik. Nintendo seakan menjadi salah satu perusahaan yang menorehkan sejarah dalam dunia game.
Nintendo
Nama-nama game populer seperti Mario Bros, The Legend Of Zelda, serta Pokemon The Series. Seakan menjadi pengantar kesuksesan perusahaan game ternama tersebut.

Tapi siapa sangka ternyata dibalik kesuksesan Nintendo dalam perkembangan dunia game, nintendo ternyata awalnya sebuah perusahaan kartu permainan. Dimana pada 1889 Fusajiro Yamauchi memulai bisnis kecil-kecilan dengan memproduksi mainan kartu homemade yang disebut Hanafuda.

Permainan ini lalu menjadi populer di salah satu kota di Jepang yaitu Kyoto, dan lama-lama hingga keseluruh negeri Jepang, hingga akhirnya diekspor keluar negeri pada awal abad ke-20. Dengan kesuksesan tersebut dalam produksi kartu permainan plastik, pada 1953 Nintendo menjadi pelopor kartu permainan dari plastik pertama yang sukses di jepang.

Hanafuda Cards (https://howtonotsuckatgamedesign.com )
Nintendo tentu menjadi pelopor dari populernya kartu permainan plastik, yang bisa dimainkan 2-6 orang di Jepang, ternyata dengan kesuksesan Nintendo dalam memelopori kartu permainan plastik di Jepang. Pada 1970. Presiden Nintendo dikala itu Hiroshi Yamauchi meminta Gunpei Yokoi yang merupakan seorang teknisi yang tentu sangat berjasa bagi Nintendo dalam pengembangan produk, meminta Yokoi memproduksi mainan baru untuk natal dengan nama The Ultra Hand. Sebuah mainan Nintendo pertama yang sangat laku keras.

Pada 1977 adalah tahun dimana Nintendo mulai melahirkan produk game console elektronik. Mitsubishi adalah perusahaan kerja sama Nintendo untuk mengembangkan video game yang dapat dimainkan dirumah, yaitu color TV Game Machine.

color TV Game Machine.
Color TV Game Machine. (https://blog.beforemario.com )
Color TV Game Machine, bisa dibilang adalah tahap awal Nintendo memproduksi perangkat konsol elektronik rumahan. Angka 6 dan angka 15 diatas adalah petunjuk jumlah game dalam masing-masing perangkat konsol karya Nintendo tersebut.

Kesuksesan Color TV Game Machine ternyata membuat nama Nintendo berkibar dalam dunia game elektronik. Pada 1979 Nintendo memproduksi game arcade pertama yaitu Computer Othello. Beberapa tahun kemudian dari adanya game arcade pertama dari Nintendotersebut, game Donkey Kong dan Mario Bros lahir dan menggebrak dunia game.

Pada tahun 1980, dengan kesuksesan Nintendo dalam perangkat game console, maka Nintendo pun berekspansi ke Amerika Serikat. Dengan ekspansi dagang tersebut lahirlah Nintendo Of America Inc, di New York, Amerika Serikat. Ditahun ini juga Nintendo mulai memproduksi Game And Watch.
Nintendo Game And Watch (https://webshop.cashconverters.com.au )
Nintendo Game And Watch (https://webshop.cashconverters.com.au )
Game and watch bisa dibilang merupakan konsol handheld pertama dari Nintendo, bisa dikatakan game and watch adalah nenek moyangnya game boy, game and watch bagaikan tahap awal Nintendo dalam mengembangkan konsol handheld.

Meskipun sederhana, ternyata game and watch sukses dimasa 80-an, meskipun saya tidak lahir dan besar pada tahun 80-an. Nama game and watch sering dipelesetkan dengan nama gimbot dikala itu.

Hal itu terbukti ketika saya membeli perangkat Game Boy Advanced, orang tua saya sering menyebut perangkat yang pernah saya punyai pada tahun 2003 silam tersebut dengan sebutan gimbot. Padahal game boy advanced dengan gimbot berbeda jauh.

Nah, istilah gimbot pun banyak yang meyakini populer dimasa 80-an dimana masa era game and watch ini lahir. Dan asal muasal kata-kata gimbot berawal dari konsol handheld legendaris dimasa 80-an ini.

Tak berhenti disitu, setelah sang gimbot alias game and watch mendapatkan perhatian publik yang cukup luas. Apalagi nintendosudah memiliki kantor perwakilannya di Amerika Utara semenjak kelahiran game and watch tersebut. Masa-masa keemasan alias saya bisa bilang puncak keemasan nintendosepanjang masa pun dimulai.

Pada tahun 1983 setelah melakukan ekspansi di Amerika Serikat, nintendo pun melebarkan ekspansinya ke negara tetangga Amerika, yaitu Kanada. Dengan nama Nintendo Entertainment Centres Ltd. Di Vancouver Kanada.

Dan pada juli 1983 pun nintendo merilis home video game console famicon (Family computer) di Jepang. Yang dalam dua bulan pertama peluncurannya laku hingga 500 ribu unit.

Nintendo Entertainment sistem NES (https://www.theoldcomputer.com )
Nintendo Entertainment sistem NES (https://www.theoldcomputer.com )
Para pembaca bisa menebak siapa famicomini? Famicom adalah merek dagang Nintendo Entertainment Sistem (NES) di Jepang. Famicom ini adalah NES yang tentu saja menjadi salah satu konsol terlaris nintendo.

Pada tahun 1985 Famicom yang secara resmi berganti nama menjadi NES didistribusikan di Amerika Serikat. Untuk pertama kalinya NES diperkenalkan pada tahun ini dan tentu saja NES adalah merek dagang produk nintendo legendaris tersebut di Amerika Serikat.

Disinilah mulai populernya nama nintendo NES, NES adalah merek dagang produk yang dahulu bernama famicom, yang hingga kini NES adalah nama yang lebih dikenang dari produk yang diluncurkan oleh nintendo pada 1983 silam tersebut. Hingga kini gamers populer dengan istilah NES dibandingkan famicom.

Di era NES inilah game-game terbaik Nintendo dan paling legendaris sepanjang masa lahir, nama-nama game terpopuler seperti super mario, dan the legend of zelda. Populer dimasa ini, bahkan sangkin populernya NES di Amerika Utara dan Jepang. Konsol ini menjadi mainan paling TOP yang terjual di Amerika. Serta The legend Of zelda menjadi game terlaris di Amerika.

Keberhasilan NES pada 1983-1985 yang sekaligus melahirkan game paling legendaris sepanjang masa yaitu Super Mario dan the legend of zelda, yang hingga kini menjadi maskot dari nintendo.

Pada 1989 Nintendo kembali melahirkan konsol handheld, yaitu game boy orginal. Kelahiran game boy, tentu merupakan sebuah sejarah dalam perkembangan dalam dunia konsol genggam.

Setelah sukses dengan konsol game and watch pada 1980 lalu, ternyata nintendo ingin mengulang kesuksesan tersebut. Kelahiran game boy original tentu menandakan era game boy series.

Kelahiran game boy pada 1989, ternyata diikuti dengan kemunculan game boy colour pada 1998 yang mana game boy colour adalah proses penyempurnaan dari game boy original. Dimana game boy colur adalah pembaharuan dari versi game boy original yang mana game boy colour hadir dengan LCD berlayar warna.

Kesuksesan game boy colour ternyata berlanjut dengan lahirnya game boy advanced yang mana game boy advanced adalah konsol handheld penyempurnaan dari game boy colour, yang mana dengan grafis 32-bit yang tentu lebih baik dari game boy colour. Jika dibandingkan, grafis game boy advanced hampir setara dengan PS1.

Game Boy Family (https://www.youtube.com/watch?v=w5MO6KHw2Ro )
Game Boy Family (https://www.youtube.com/watch?v=w5MO6KHw2Ro )
Generasi game boy bisa dibilang adalah gebrakan atau fondasi awal dari populernya konsol genggam. Dimana semenjak era kemunculan game boy, konsol genggam karya nintendo ini seakan menjadi konsol portable yang grafisnya hampir atau bahkan sama dengan konsol rumahan.

Pada 1991 Nintendo kembali meluncurkan home console penerus dari NES, yaitu Super Nintendo. Kemunculan konsol ini adalah perbaikan grafis dari konsol Famicom (Nes) yang telah hadir sebelumnya pada 1983 silam.

Super Nintendo hadir dengan grafis 16 bit. Dimana Dua kali lipat lebih baik dari NES yang hanya memiliki grafis 8 bit. Kemunculan super nintendo, sekaligus melahirkan game-game populer seperti Super Mario Kart, Star Fox, Pilot Wings.
Super nintendo
Super nintendo (https://steemit.com )

Kemunculan super nintendo yang sukses dan ternyata berhasil mengalahkan sega mega driveyang telah lebih dulu muncul pada 1989, yang juga mengusung grafis 16 bit seperti super nintendo. Super nintendo berhasil terjual 49 juta unit. Yang secara langsung menjadi konsol 16 bit terlaris mengalahkan rivalnya sega mega drive.

Nintendo dan era Next Generation Console

Playstation 1 dan Nintendo 64
Playstation 1 dan Nintendo 64

Era konsol generasi ke-5 diawali dengan kemunculan Playstation 1, atau biasa disebut PSX pada tahun 1994. Dimana pada era konsol 32 bit yang diawali dengan kemunculan PS1 tersebut seakan menandakan lahirnya era konsol dengan grafis full 3D.

Seakan tak mau kalah dengan Playstation yang sukses dengan konsol PS1 yang menggebrak dunia game dengan lompatan grafis 3D-nya. Yang jauh mengalahkan konsol 16 bit era sebelumnya, yaitu super nintendo dan sega mega drive.

Saya menyebut era ini adalah era next generation console, karena di era ini konsol game mulai mengusung grafis real 3D dan game-game yang jauh lebih serius dari generasi sebelumnya. Era ini adalah era konsol generasi ke-5 yang menjadi titik awal isitilah gamer lahir, karena game-game yang lebih serius perlahan bermunculan pada era ini.

Seakan tak mau kalah dengan sony dengan PS1-nya. Nintendo melahirkan konsol next gennya dengan nama Nintendo 64. Meskipn tidak seperti pesaingnya PS1 yang menggunakan media C dalam pemutar gamenya. Nintendo 64 masih setia menggunakan cartidge dalam media pemutar gamenya.

Akan tetapi nintendo boleh berbangga sedikit, karena dengan nama produk nintendo 64, itu berarti nintendo kali ini mengusung konsol dengan grafis 64 bit. Nintendo 64 tentu menjadi konsol dengan grafis 64 bit pertama di dunia.

Meskipun memiliki grafis yang jauh lebih baik dari pesaingnya PS1, tetapi nintendo 64 harus bertekuk lutut dengan PS1. Secara penjualan konsol nintendo 64 kalah jauh dengan PS1. Dimana PS1 laku terjual 102 juta unit. Sedangkan nintendo 64 hanya laku terjual 32 juta unit. Hampir mirip dengan kegagalan sega dengan dreamcast-nya.

Nintendo dan era Konsol generasi ke-6

Era Konsol generasi ke-6 adalah era dimana persaingan cukup sengit, apalagi selain ada Playstation dengan sekuelnya yaitu PS2. Ternyata ada pemain baru yaitu Microsoftdengan Xbox-nya.

Pada 2001, berbarengan dengan super mario dan donkey kong merayakan ultah ke-20, nintendomeluncurkan nintendo gamecube. Selain gamecube, Nintendo juga melahirkan konsol genggam game boy advanceddi era ini.

Meskipun pada akhirnya kalah dengan PS2 dari sony dan Xbox dari microsoft, nintendo gamecube tetap menorehkan sejarah dalam perusahaannya. Karena perangkat gamecube adalah perangkat nintendo pertama dengan media pemutar game compact disc (CD).

Nintendotampaknya gagal dengan gamecube yang hanya terjual 21, juta unit. Yang jauh kalah dengan penjualan PS2 dan Xbox. Meskipun gagal dalam persaingan perangkat konsol generasi ke-6.

Gamecube tetap meninggalkan jejak game-game terbaik. Seperti super smash bros, melle, animal crossing, pikmin, star fox, dan tak ketinggalan sang legenda "The Legend Of zelda".

Nintendo dan era konsol generasi ke-7 dan 8


Jika pada saat meluncurkan nintendo 64 dan gamecube, nintendo berpatokan pada kemampuan grafis yang setara atau bahkan mengungguli salah satu rivalnya. Kali ini nintendo menggunakan pendekatan yang berbeda.

Pada tahun 2006, nintendo memperkenalkan Nintendo wii, ditengah ketatnya persaingan antara sony dengan PS3 dan Microsoft dengan Xbox 360. Apa pendekatan berbeda nintendo dalam peluncuran wii ini?

Pendekatannya adalah, nintendo kali ini melahirkan konsol game generasi ke-7 yang jauh dibawah secara grafisnya dibandingkan dengan PS3 dan Xbox 360. Meskipun kalah jauh secara grafis dengan PS3 dan Xbox 360. Tetapi nintendo menggunakan pendekatan gameplay yang lebih menarik dibandingkan pesaingnya.

Perlu diketahui, nintendo wii adalah konsol pertama yang menggunakan sistem kendali sensor gerak sebagai kendali utama. Yaitu dengan menggunakan wii remote pemain dapat merasakan pengalaman baru bermain game dengan menggerakkan tubuh.

Nintendo Wii memiliki kekuatan kuat untuk dengan mudah mengalahkan rivalnya yang berbasis kekuatan grafis. Kekuatan itu adalah Nintendo wii mengedepankan interaksi antara pemain alias gamer dengan game yang dimainkannya.

Dan tentu saja Nintendo Wii memiliki kekuatan gameplay yang jauh unggul dibandingkan dengan xbox 360 dan PS3 yang jauh lebih unggul secara grafis. Secara grafis memang PS3 dan Xbox 360 rajanya, tetapi secara game play Nintendo Wii adalah juaranya.

Dengan kekuatan melawan arus yang dilakukan nintendo dengan Wii, yang mana grafisnya jauh lebih buruk dibandingkan pesaingnya PS3 dan Xbox 360. Dengan kekuatan gameplay sensor gerak tubuh yang diperloposi oleh Wii tersebut, maka Wii berhasil mengalahkan PS3 dan Xbox 360 dari sisi penjualan konsol.
Nintendo WII
Nintendo WII (https://www.toptenreviews.com )
Dalam konsol generasi ke-7, Wii berhasil membukukan penjualan 101 juta unit konsol, jauh mengungguli PS3 dan Xbox 360. Sehingga dapat dikatakan Wii adalah konsol generasi ke-7 terlaris. Sekaligus pembuktian, bahwa tak selamanya kemampuan grafis dan visual menjadi tolak ukur kesuksesan suatu konsol game.

Menurut saya, Kepopuleran Wiiini mirip dengan kesuksesan konsol handheld Nintendo DS, yang mana meskipun secara grafis kalah jauh oleh Playstation Portable (PSP). Tetapi secara gameplay nintendo DS jauh lebih menarik dibandingkan PSP. Sehingga NDS secara penjualan mengalahkan PSP.

Dari kemunculan Wii tersebut menandakan, bahwa cantik itu bukan dari penampilan fisik, akan tetapi dari kualitas permainan dan interaksi antara pemain dan game yang dimainkan.

Nintendo Wii ternyata memiliki sekuel seakan mencuri start dalam peluncuran konsol generasi ke-8 dibandingkan sony dan microsoft. Nintendo meluncurkan Wii U yang merupakan pelanjut dari sang kakak yaitu nintendo Wii.

Meskipun menjadi konsol generasi ke-8 pertama yang diluncurkan, yaitu Wii U dilepas pada 2012. Dimana PS4 dan Xbox One, muncul satu tahun setelah kemunculan Wii U yaitu akhir 2013. Tetapi Wii U secara penjualan tidak sesukses pendahulunya nintendo Wii.

Secara penjualan Nintendo Wii U kalah dibandingkan Xbox One dan PS4. Akan tetapi, meskipun tidak sukses seperti kakaknya nintendo Wii. Nintendo Wii U memiliki banyak sekali game-game ekslusif khas nintendo seperti super smash bros, mario kart, pigmin 3, super mario 3d world, bayonnetta 2, splatoon dan super mario maker.Nintendo Wii U terkenal dengan game-gamenya yang interaktif seperti pendahulunya Nintendo Wii.

Meskipun nintendo kalah dengan PS4 dan Xbox One dalam konsol rumahannya, yaitu Nintendo Wii U.Akan tetapi dalam dunia konsol genggan hingga kini nintendomasih mendominasi. Dimana nintendo switch dan 3DS berhasil merajai konsol genggam hingga saat artikel ini ditulis.

Playstation Vita, konsol handheld andalan sony paling mutakhir seakan harus bertekuk lutut dengan keberadaan 3DS dan nintendo switch. Bahkan switch dalam segi penjualan berhasil mengalahkan PS4.

Nintendo, sebuah perusahaan pembuat konsol yang terkenal akan game-game ekslusifnya dengan gameplay yang penuh warna dan ceria. Seakan menorehkan sejarah panjang dalam dunia gamenya.

Sebagai perusahaan konsol game yang mengawali karies dalam kartu permainan plastik, nintendo seakan terus menjadi pelopor konsol yang anti mainstream. Dimana bagi nintendo kemampuan grafis adalah hal kedua. Sehingga bagi nintendo game-game ekslusif dan gameplay terbaik adalah hal yang menjadi senjata pamungkas bagi nintendo untuk mengalahkan rival abadinya yaitu sony dan microsoft.

Secara asam garam kehidupan dalam dunia permainan, nintendo memang jauh lebih matang dibandingkan sony dan microsoft. Jika para pembaca lahir dan besar pada era 80-an dan 90-an pasti mengetahui bagaimana para penyewa gimbot (sebutan untuk nintendo game and watch) dan para penyewa game boy, bertebaran didepan sekolah.

Serta bagaimana uniknya game-game Nintendo Entertainment Sistem (NES) dan super nintendodengan kehadiran donkey kong, mario bros, dan the legend of zelda. Bagi generasi yang menikmati masa kecil era 80-an dan 90-an, bahkan era 70-an nama nintendo sudah pasti membekas dihati.

Nintendo perusahaan permainan anak-anak yang mengawali karier sebagai penjual kartu permainan yang kini menjadi raksasa game konsol dunia.