Dalam artikel sebelumnya sudah kita bahas tentang superhero terpopuler dari Marvel, Kali ini kita akan membahas musuh-musuh terkuat Avengers yang mungkin kalian belum pernah mendengarnya. Kita membahas dari sisi komik, bukan Film ya.


10. Perkumpulan Proctor

Tidak pernah dengar kan? Ya, aku tau. Musuh Avengers ini ada saat anggota Avengers masih terdiri dari Black Widow, Hercules, Black Knight, Sersi dan Crsytal, dan perkumpulan Proctor adalah musuh terberat Avengers saat itu. Perkumpulan Proctor membuktikan kehebatan mereka dengan cara memanipulasi pikiran para anggota Avengers dan menggantinya dengan ide-ide mereka.

Perkumpulan Proctor pun pernah mengalahkan Thor beberapa kali dengan telak saat mereka menjalankan aksi jahat mereka. Lagi-lagi mereka menggunakan kekuatan manipulasi pikiran saat mengalahkan Thor demi melancarkan keinginanan jahat mereka. Jadi, kalau ada yang bisa mengontrol Asgardian, maka tidak salah kalau perkumpulan Proctor dijadikan salah satu musuh Avengers terhebat sepanjang masa.

9. Hank Pym


Jangan kaget, Hank Pym adalah salah satu pendiri Avengers yang pertama. Jangan kaget lagi jadi kenapa salah satu Hero Marvel ini aku masukin di list musuh-musuh Avengers terhebat sepanjang masa. Berikut aksi-aksinya tersebut:

Dia pernah memukul istrinya sendiri, asli. Angkat tangan bagi yang setuju bahwa ini adalah suatu "kesalahan besar".
Si Hank Pym adalah bapaknya Ultron. Siapa itu Ultron? Baca aja sampai selesai ya.
Hank Pym, Tony Stark dan Reed Richard (Mr. Fantastic) bertanggung jawab atas kloning yang mereka lakukan kepada Thor dan mengakibatkan Goliath terbunuh.

Semua itu dilakukannya bukan karena terpaksa, tapi karena kemauannya sendiri. Mulai dari jadi bapaknya Ultron, bikin kloningan Thor ampe mukul istrinya sendiri! Beda ama Tony Stark dan Scarlet Witch yang pernah dimanipulasi musuh-musuh Avengers sehingga mereka secara tak sadar membuat para pahlawan Marvel berguguran, si Hank Pym benar-benar secara sadar melakukan semua aksinya itu. Jadi, moralnya, jangan pernah memukul istri.

8. Norman Osborn


Terserah mau bilang apa, tapi Norman Osborn memang salah satu musuh paling berbahaya di dunia Marvel dan dia menjelma dari musuh Spider-Man yang paling menakutkan menjadi musuh Avengers terhebat sepanjang masa. Kekuatan yang didapat Norman tak bisa lepas dari peran Tony Stark yang “salah perhitungan” memberikan kesempatan untuknya menebus kesalahannya dengan menempatkannya dalam misi Thunderbolts untuk menghentikan invasi Skrull. Dia ternyata berhasil namun dasar pikiran jahat si Norman malah membuat grup Avengers-nya sendiri setelah misi itu berakhir dan dia menamakan dirinya sebagai Iron Patriot.

Sebagai anggota-anggotanya, dia merekrut orang-orang dari Thunderbolts sendiri dan beberapa orang baru. Beberapa dari mereka adalah Bullseye yang menjadi Hawkeye, Moonstone menjadi Ms. Marvel dan Daken menjadi Wolverine. Dalam ceritanya, si Norman mau mengontrol Sentry (Supermannya Marvel Universe tapi dengan kelainan mental) tapi ternyata keputusannya salah yang akhirnya dia dijebloskan ke penjara. Namun, siapa sangka dia bisa lolos karena peran organisasi baru bentukannya, yaitu H.A.M.M.E.R. Entah apa lagi yang diinginkan setelah itu tapi aku yakin pasti niatnya jahat lagi.

Sebagai tambahan, Norman Osborn juga bukan musuh Spider-Man dan Avengers aja. Dia juga jadi threat buat Luke Cage, Jessica Jones-Cage, Ms Marvel, Spiderwoman, Hawkeye dan karakter lainnya.

7. Masters Of Evil


Masters of Evil memang ancaman untuk Avengers, selalu malahan, dan karena seringnya itulah aku kira mereka pantas dimasukin di list musuh-musuh Avengers terhebat sepanjang masa ini. Yang paling diingat adalah saat mereka mengepung markas Avengers dan membuat Jarvis error. Setelah itu, satu per satu anggota Avengers pun berjatuhan. Baron Zemo benar-benar hampir membuat semua anggota Avengers tewas saat itu kalau tidak ada pertolongan dari Thor dan Captain America.

6. Kree/Skrull


Dua bangsa makhluk luar bumi ini mempunyai sejarah panjang hingga selalu berurusan dengan Avengers. Bangsa Kree sudah berkali-kali berhadapan dengan Avengers dan mereka merupakan tokoh terlahirnya para heroes seperti Captain Mar-vell, Ms. Marvel dan Crystal. Sedangkan bangsa Skrull juga telah berhadapan dengan Avengers meski tidak seaktif Kree karena dia mempunyai urusan yang lebih banyak dengan Fantastic Four, beberapa kali namun dengan niat lain, yaitu menggunakan para anggota Avengers untuk mengalahkan Kree.

Berikut 2 fakta-fakta menarik tentang Kree dan Skrull;
Perang antara Kree dan Skrull merupakan perang galaksi pertama yang dihadapi Avengers.
Captain Mar-vell (seorang bangsa Kree) menikah dengan Ratu Skrull dan melahirkan anak, namanya Hulkling.

5. Loki


Kalau di film kalian lihat Loki kalah telak melawan Hulk. Maka di komik kalian akan bisa menemukan kalau Loki mengontrol Hulk untuk mengalahkan para anggota Avengers. Yup, hanya dengan sihirnya. Sihirnya jangan dianggap remeh gan. Si Loki lah yang menyebabkan perang antara Avengers dan Defenders. dia juga yang membantu Norman Osborn buat ngebentuk Avengers versi gelapnya.

Si Loki bisa saja masuk ke tiga besar dalam daftar musuh-musuh Avengers terhebat sepanjang masa ini jika hanya dia tidak mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan bumi dari Void dalam seri Siege, kalau dipikir-pikir dia plin-plan jadi musuh, ya.

4. The Serpent (Mahluk mistis dari Asgard)


Serpent adalah makhluk-makhluk mistis yang dibebaskan oleh Red Skull II. Dewa-dewa ini dilengkapi dengan palu berkekuatan mistis yang akhirnya Hulk dan The Thing pun juga masuk anggota Serpent karena pengaruh palu dari anggota-anggota Serpent berkekuatan god-alike ini. Para Serpent menginvasi New York, mereka berhasil. Mereka pun menginvasi Washington DC. Lagi- lagi berhasil! Saat itu Avengers terdesak dan Thor secara terpaksa menancapkan palunya di jantung The Thing.

Avengers harus bekerja sangat keras saat itu agar bumi tidak rata dengan tanah. Yang pertama hancur karena Serpent dan yang kedua karena para bangsa Asgard dan Odin yang akan menginvasi bumi untuk mengalahkan para Serpent dan berperang di bumi!

Dalam event ini Thor mati, ya meskipun nanti hidup lagi karena dia adalah dewa. Seri Fear Itself: sendiri disebut-sebut sebagai salah satu seri Marvel paling top setelah Civil War. Ada hal yang menarik dari event ini, yaitu Captain America mengucapkan "kata-kata kasar", padahal dia tidak pernah begitu loh!

3. Kovrac



Lelaki ini yang membunuh hampir semua anggota Avengers (kecuali Thor) dan Guardians of the Galaxy. Ya, serius, dia sendirian. Korvac adalah seorang lelaki cyborg dari abad 31 yang mempunyai kekuatan layaknya dewa dan dia datang ke masa lalu hanya untuk membunuh para anggota Avengers. Tapi akuhnya, dia juga yang menghidupkan semua anggota Avengers.

Cinta adalah poin penting dalam cerita ini, mungkin karena "perasaan"nya itulah dia hanya ada di urutan ketiga dalam musuh-musuh Avengers terhebat sepanjang masa ini.

2. Ultron


Ini dia anak Hank Pym yang aku sebutkan di awal-awal artikel musuh-musuh Avengers terhebat sepanjang masa ini, dia ini adalah karakter dengan ukuran tubuh tertinggi dalam sejarah dunia Marvel. Si Ultron punya visi yang teramat jahat, yaitu dia mau semua makhluk di alam semesta tunduk di bawah aturan yang dibuat oleh organisme metal. Ngeri!

Ultron adalah hasil rekayasa genetik dari sel-sel otak Hank Pym sendiri yang akhirnya memberontak. Sebagai catatan kenapa Ultron berada di urutan kedua dalam musuh-musuh Avengers terhebat sepanjang masa ini adalah karena dia pernah menghancurkan banyak negeri di bumi, dia pernah merebut kostum Iron Man dan yang paling terkenal adalah dia pernah jadi pemimpin bangsa alien Phalanx, yang tujuannya untuk menguasai suatu planet, termasuk bumi.

Kenapa jadi tidak di urutan pertama? Alasannya hanya satu, si Ultron punya keinginan yang akuh yaitu punya keluarga dan punya keturunan. Iya, bener si Ultron akhirnya punya keturunan, sayangnya keturunannya itu ternyata bertolak belakang dari sifat ayahnya. Malah anaknya itu sekarang merupakan salah satu anggota Avengers yang paling dikenal oleh semua America comic fan-boys, yaitu Vision yang nantinya akan juga memulai debutnya di film Avengers: Age of Ultron.

Dan satu hal lagi, Ultron menurut komik memang karakter A.I buatan tangan Hank Pym, namun di film Marvel Avengers: Age of Ultron nanti, dia diciptakan oleh Tony Stark yang tidak lain adalah Iron Man.

1. Kang The Conqueror


Kang? dia datang dari masa depan. Dia tidak punya kekuatan super. Dia suka belajar dan benar-benar cerdas. Kang adalah penguasa. Avengers pernah ingin mengalahkannya berulang kali, tapi gagal. Ya, benar. Kang yang menjadi PEMENANGNYA. Kang mengalahkan Avengers dan menguasai dunia.

Avengers membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk membebaskan dunia dari jajahan Kang sekaligus membebaskan para anggota Avengers yang disandera. Dari waktu berbulan-bulan itu keadilan memang menang tapi Kang berhasil lolos dan memulai invasi lagi di masa depan. Kalo kalian baca storylinenya, kalian juga bakal setuju kalo Kang memang pantas berada di urutan pertama dalam musuh-musuh Avengers terhebat sepanjang masa ini dan bukannya malah Thanos yang akan menjadi musuh utama dan terakhir di Film Avengers nanti. Kang mempunyai versi remaja yang bernama Iron Lad, dan dia adalah salah satu pendiri Young Avengers.

10 Musuh Avengers Terhebat Sepanjang Masa, yang Tidak Pernah Kalian Duga

Dalam artikel sebelumnya sudah kita bahas tentang superhero terpopuler dari Marvel, Kali ini kita akan membahas musuh-musuh terkuat Avengers yang mungkin kalian belum pernah mendengarnya. Kita membahas dari sisi komik, bukan Film ya.


10. Perkumpulan Proctor

Tidak pernah dengar kan? Ya, aku tau. Musuh Avengers ini ada saat anggota Avengers masih terdiri dari Black Widow, Hercules, Black Knight, Sersi dan Crsytal, dan perkumpulan Proctor adalah musuh terberat Avengers saat itu. Perkumpulan Proctor membuktikan kehebatan mereka dengan cara memanipulasi pikiran para anggota Avengers dan menggantinya dengan ide-ide mereka.

Perkumpulan Proctor pun pernah mengalahkan Thor beberapa kali dengan telak saat mereka menjalankan aksi jahat mereka. Lagi-lagi mereka menggunakan kekuatan manipulasi pikiran saat mengalahkan Thor demi melancarkan keinginanan jahat mereka. Jadi, kalau ada yang bisa mengontrol Asgardian, maka tidak salah kalau perkumpulan Proctor dijadikan salah satu musuh Avengers terhebat sepanjang masa.

9. Hank Pym


Jangan kaget, Hank Pym adalah salah satu pendiri Avengers yang pertama. Jangan kaget lagi jadi kenapa salah satu Hero Marvel ini aku masukin di list musuh-musuh Avengers terhebat sepanjang masa. Berikut aksi-aksinya tersebut:

Dia pernah memukul istrinya sendiri, asli. Angkat tangan bagi yang setuju bahwa ini adalah suatu "kesalahan besar".
Si Hank Pym adalah bapaknya Ultron. Siapa itu Ultron? Baca aja sampai selesai ya.
Hank Pym, Tony Stark dan Reed Richard (Mr. Fantastic) bertanggung jawab atas kloning yang mereka lakukan kepada Thor dan mengakibatkan Goliath terbunuh.

Semua itu dilakukannya bukan karena terpaksa, tapi karena kemauannya sendiri. Mulai dari jadi bapaknya Ultron, bikin kloningan Thor ampe mukul istrinya sendiri! Beda ama Tony Stark dan Scarlet Witch yang pernah dimanipulasi musuh-musuh Avengers sehingga mereka secara tak sadar membuat para pahlawan Marvel berguguran, si Hank Pym benar-benar secara sadar melakukan semua aksinya itu. Jadi, moralnya, jangan pernah memukul istri.

8. Norman Osborn


Terserah mau bilang apa, tapi Norman Osborn memang salah satu musuh paling berbahaya di dunia Marvel dan dia menjelma dari musuh Spider-Man yang paling menakutkan menjadi musuh Avengers terhebat sepanjang masa. Kekuatan yang didapat Norman tak bisa lepas dari peran Tony Stark yang “salah perhitungan” memberikan kesempatan untuknya menebus kesalahannya dengan menempatkannya dalam misi Thunderbolts untuk menghentikan invasi Skrull. Dia ternyata berhasil namun dasar pikiran jahat si Norman malah membuat grup Avengers-nya sendiri setelah misi itu berakhir dan dia menamakan dirinya sebagai Iron Patriot.

Sebagai anggota-anggotanya, dia merekrut orang-orang dari Thunderbolts sendiri dan beberapa orang baru. Beberapa dari mereka adalah Bullseye yang menjadi Hawkeye, Moonstone menjadi Ms. Marvel dan Daken menjadi Wolverine. Dalam ceritanya, si Norman mau mengontrol Sentry (Supermannya Marvel Universe tapi dengan kelainan mental) tapi ternyata keputusannya salah yang akhirnya dia dijebloskan ke penjara. Namun, siapa sangka dia bisa lolos karena peran organisasi baru bentukannya, yaitu H.A.M.M.E.R. Entah apa lagi yang diinginkan setelah itu tapi aku yakin pasti niatnya jahat lagi.

Sebagai tambahan, Norman Osborn juga bukan musuh Spider-Man dan Avengers aja. Dia juga jadi threat buat Luke Cage, Jessica Jones-Cage, Ms Marvel, Spiderwoman, Hawkeye dan karakter lainnya.

7. Masters Of Evil


Masters of Evil memang ancaman untuk Avengers, selalu malahan, dan karena seringnya itulah aku kira mereka pantas dimasukin di list musuh-musuh Avengers terhebat sepanjang masa ini. Yang paling diingat adalah saat mereka mengepung markas Avengers dan membuat Jarvis error. Setelah itu, satu per satu anggota Avengers pun berjatuhan. Baron Zemo benar-benar hampir membuat semua anggota Avengers tewas saat itu kalau tidak ada pertolongan dari Thor dan Captain America.

6. Kree/Skrull


Dua bangsa makhluk luar bumi ini mempunyai sejarah panjang hingga selalu berurusan dengan Avengers. Bangsa Kree sudah berkali-kali berhadapan dengan Avengers dan mereka merupakan tokoh terlahirnya para heroes seperti Captain Mar-vell, Ms. Marvel dan Crystal. Sedangkan bangsa Skrull juga telah berhadapan dengan Avengers meski tidak seaktif Kree karena dia mempunyai urusan yang lebih banyak dengan Fantastic Four, beberapa kali namun dengan niat lain, yaitu menggunakan para anggota Avengers untuk mengalahkan Kree.

Berikut 2 fakta-fakta menarik tentang Kree dan Skrull;
Perang antara Kree dan Skrull merupakan perang galaksi pertama yang dihadapi Avengers.
Captain Mar-vell (seorang bangsa Kree) menikah dengan Ratu Skrull dan melahirkan anak, namanya Hulkling.

5. Loki


Kalau di film kalian lihat Loki kalah telak melawan Hulk. Maka di komik kalian akan bisa menemukan kalau Loki mengontrol Hulk untuk mengalahkan para anggota Avengers. Yup, hanya dengan sihirnya. Sihirnya jangan dianggap remeh gan. Si Loki lah yang menyebabkan perang antara Avengers dan Defenders. dia juga yang membantu Norman Osborn buat ngebentuk Avengers versi gelapnya.

Si Loki bisa saja masuk ke tiga besar dalam daftar musuh-musuh Avengers terhebat sepanjang masa ini jika hanya dia tidak mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan bumi dari Void dalam seri Siege, kalau dipikir-pikir dia plin-plan jadi musuh, ya.

4. The Serpent (Mahluk mistis dari Asgard)


Serpent adalah makhluk-makhluk mistis yang dibebaskan oleh Red Skull II. Dewa-dewa ini dilengkapi dengan palu berkekuatan mistis yang akhirnya Hulk dan The Thing pun juga masuk anggota Serpent karena pengaruh palu dari anggota-anggota Serpent berkekuatan god-alike ini. Para Serpent menginvasi New York, mereka berhasil. Mereka pun menginvasi Washington DC. Lagi- lagi berhasil! Saat itu Avengers terdesak dan Thor secara terpaksa menancapkan palunya di jantung The Thing.

Avengers harus bekerja sangat keras saat itu agar bumi tidak rata dengan tanah. Yang pertama hancur karena Serpent dan yang kedua karena para bangsa Asgard dan Odin yang akan menginvasi bumi untuk mengalahkan para Serpent dan berperang di bumi!

Dalam event ini Thor mati, ya meskipun nanti hidup lagi karena dia adalah dewa. Seri Fear Itself: sendiri disebut-sebut sebagai salah satu seri Marvel paling top setelah Civil War. Ada hal yang menarik dari event ini, yaitu Captain America mengucapkan "kata-kata kasar", padahal dia tidak pernah begitu loh!

3. Kovrac



Lelaki ini yang membunuh hampir semua anggota Avengers (kecuali Thor) dan Guardians of the Galaxy. Ya, serius, dia sendirian. Korvac adalah seorang lelaki cyborg dari abad 31 yang mempunyai kekuatan layaknya dewa dan dia datang ke masa lalu hanya untuk membunuh para anggota Avengers. Tapi akuhnya, dia juga yang menghidupkan semua anggota Avengers.

Cinta adalah poin penting dalam cerita ini, mungkin karena "perasaan"nya itulah dia hanya ada di urutan ketiga dalam musuh-musuh Avengers terhebat sepanjang masa ini.

2. Ultron


Ini dia anak Hank Pym yang aku sebutkan di awal-awal artikel musuh-musuh Avengers terhebat sepanjang masa ini, dia ini adalah karakter dengan ukuran tubuh tertinggi dalam sejarah dunia Marvel. Si Ultron punya visi yang teramat jahat, yaitu dia mau semua makhluk di alam semesta tunduk di bawah aturan yang dibuat oleh organisme metal. Ngeri!

Ultron adalah hasil rekayasa genetik dari sel-sel otak Hank Pym sendiri yang akhirnya memberontak. Sebagai catatan kenapa Ultron berada di urutan kedua dalam musuh-musuh Avengers terhebat sepanjang masa ini adalah karena dia pernah menghancurkan banyak negeri di bumi, dia pernah merebut kostum Iron Man dan yang paling terkenal adalah dia pernah jadi pemimpin bangsa alien Phalanx, yang tujuannya untuk menguasai suatu planet, termasuk bumi.

Kenapa jadi tidak di urutan pertama? Alasannya hanya satu, si Ultron punya keinginan yang akuh yaitu punya keluarga dan punya keturunan. Iya, bener si Ultron akhirnya punya keturunan, sayangnya keturunannya itu ternyata bertolak belakang dari sifat ayahnya. Malah anaknya itu sekarang merupakan salah satu anggota Avengers yang paling dikenal oleh semua America comic fan-boys, yaitu Vision yang nantinya akan juga memulai debutnya di film Avengers: Age of Ultron.

Dan satu hal lagi, Ultron menurut komik memang karakter A.I buatan tangan Hank Pym, namun di film Marvel Avengers: Age of Ultron nanti, dia diciptakan oleh Tony Stark yang tidak lain adalah Iron Man.

1. Kang The Conqueror


Kang? dia datang dari masa depan. Dia tidak punya kekuatan super. Dia suka belajar dan benar-benar cerdas. Kang adalah penguasa. Avengers pernah ingin mengalahkannya berulang kali, tapi gagal. Ya, benar. Kang yang menjadi PEMENANGNYA. Kang mengalahkan Avengers dan menguasai dunia.

Avengers membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk membebaskan dunia dari jajahan Kang sekaligus membebaskan para anggota Avengers yang disandera. Dari waktu berbulan-bulan itu keadilan memang menang tapi Kang berhasil lolos dan memulai invasi lagi di masa depan. Kalo kalian baca storylinenya, kalian juga bakal setuju kalo Kang memang pantas berada di urutan pertama dalam musuh-musuh Avengers terhebat sepanjang masa ini dan bukannya malah Thanos yang akan menjadi musuh utama dan terakhir di Film Avengers nanti. Kang mempunyai versi remaja yang bernama Iron Lad, dan dia adalah salah satu pendiri Young Avengers.